Bye bye Insomnia...

Beberapa hari kemarin, saya sempat susah tidur. Saya coba pejamkan mata, berdoa, dan membuat posisi tidur senyamn mungkin. Tapi, kantuk tak juga datang. Saya nyalakan murottal AlQuran, pelan, agar tak mengganggu penghuni rumah yang lain. Tapi, kantuk masih juga menjauh. Baca buku, sudah. Mencoba membuat tulisan, sudah. Akhirnya tidur juga sih, tapi sebentar dan terus terbangun. Rasanya tidak tidur karena tidurnya kurang berkualitas.

Tidur yang cukup memiliki fungsi untuk meningkatkan energi, mencegah penyakit seperti gagal jantung dan tekankan daerah tinggi, meningkatkan daya ingat dan mencegah stres. Tidur yang kurang jelas membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Untuk mengatasi insomnia ini, saya mengkonsumsi madu Sebelum tidur 1 atau 2 sendok (kadang pagi hari juga). Bisa juga dicampur dengan teh atau susu hangat. Madu mengandung asam amino triptofan yang bisa mengatasi insomnia. Ketika diminum sebelum tidur, madu mampu memenuhi persedian glikogen yang cukup untuk pengisian bahan bakar yang diperlukan dari hati, mengurangi hormon stres dan dapat menbantu tidur nyenyak di malam hari.

Selain madu, saya juga mengkonsumsi 2 kapsul ekstrak pegagan. Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Sejak zaman dulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini dengan sebutan antanan dan digunakan sebagai salah satu tanaman untuk lalapan. Saya ingat, nenek saya dulu suka sekali makan Daun pegagan ini yang Tumbuh di pekarangan kami. Sekarang, saya malah Sudah lamaaaa sekali tidak melihat wujud Daun pegagan ini.

(Sumber gambar: wikipedia.org)

Daun pegagan ini manfaatnya banyak sekali, antara lain:
- Meningkatkan daya ingat
- Meningkatkan syaraf memori
- Meningkatkan mental dan stamina tubuh
- Menghentikan pendarahan (haemostatika)
- Membersihkan darah
- Melancarkan peredaran darah
- Peluruh kencing (diuretika)
- Penurun panas (antipiretika)
- Anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan
- Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid)
- Meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki
- Mencegah varises dan salah urat
- Menurunkan gejala stres dan depresi

Bisa jadi insomnia yang saya alami karena kondisi saya yang mudah cemas. Daun pegagan membantu menurunkan gejala stres yang saya alami. Pegagan juga membantu meningkatkan daya ingat bagi saya yang pelupa. Subhanallah, tiada penyakit Tanpa obat dan obatnya itu ada di sekitar kita. Perkembangan teknologi membuat segalanya lebih mudah. Tersedia ekstrak pegagan dalam bentuk kapsul dengan berbagai merek yang bisa didapatkan di apotik atau toko obat Terdekat.

Umumnya, mengkonsumsi herbal tak ada efek samping. Namun, tak ada salahnya kita memperhatikan beberapa Hal. Misalnya, ada herbal yang tidak diperoleh kan untuk wanita hamil dan menyusui. Perhatikan waktu tenggang dengan obat kimia, karena ada herbal yang jika berinteraksi dengan obat kimia Akan menimbulkan efek tertentu. Hati-hati dengan obat tradisional yang mengandung pemanis tambahan. Lihat apakah ada logo BPOM, apakah segelnya rusak atau tidak, dan sebagainya.

Comments

  1. dulu waktu di batam nanam pegegan mbk,cantik kalo di gantung hehe...baru tahu pas tetangga main,ternyata berkhasiat ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..mau juga deh nanam2 di rumah..tapi belum kesampean

      Delete
  2. Pegagan ya, Mbak, saya baru tahu ini. Makasih banyak ya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. Hiiih, saya juga lagi insomnia parah, Mba. Kalau madu, saya bisa beli dan doyan. Kalau kapsul, belum tau e.

    Makasih informasinya ya, Mba.

    ReplyDelete
  4. Yang paling bagus sih yang alami ya mak, petik sendiri dan di olah sendiri :)
    Kalau yang bentuk serbuk kayanya kurang alami ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mak lebih fresh.. Ini biar gampang masuk aja mak ke perut hehe..belum nemu lagi nih mak tanaman Antanan ini..

      Delete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

6 Perbedaan Belanja Online dan Toko Konvensional

Cara Mudah Mendapatkan Kuota Internet Gratis

Semakin Bersyukur di Usia Cantik